HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PERUT DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA USIA DEWASA 20-45 TAHUN DI KECAMATAN X DI JAKARTA BARAT

RAHADI, ATTALARICK GIAN (2020) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PERUT DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA USIA DEWASA 20-45 TAHUN DI KECAMATAN X DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendahuluan Prevalensi Hipertensi mengalami peningkatan setiap tahunnya. Obesitas merupakan salah satu faktor resiko terhadap Hipertensi. Individu dengan obesitas mempunyai risiko yang tinggi terkena penyakit Hipertensi. Antropometri merupakan pengukuran ukuran tubuh yang biasa digunakan untuk menilai status gizi seseorang. Sejauh ini belum ada data yang melihat tingkat nilai indeks massa tubuh (IMT) dan lingkar perut pada kelompok usia dewasa di Puskesmas Kecamatan X di Jakarta Barat. Metodologi Penelitian ini merupakan sebuah penelitian analitik dengan desain cross-sectional, yang akan dilakukan di Puskesmas Kecamatan X di Jakarta Barat pada bulan Januari sampai Febuari 2020. Sampel penelitian ini terdiri dari laki -laki dan perempuan dewasa usia 20 sampai 45 tahun yang memenuhi kriteria inklusi, yang dimana menyanggupi menjadi responden penelitian dan bersedia menandatangani inform-consent yang sudah disediakan. Sampel diambil dengan menggunakan consecutive sampling. Data akan dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak. Data univariat akan disajikan dalam bentuk tabel yang terdiri dari persentase, nilai mean dan standar deviasi. Data bivariat akan disajikan dalam bentuk tabel 2x2 dan dianallisis dengan uji statistik chisquare. Hasil pada penelitian ini didapatkan sampel sebanyak 194 responden. Didapatkan sebanyak 56,7% responden memiliki status gizi overweight sampai obese, sebanyak 31,4% responden dengan status lingkar perut diatas normal, sebanyak 69,8% responden dengan status gizi overweight sampai obese mengalami hipertensi, dan sebanyak 16,52% responden dengan lingkar perut diatas normal mengalami hipertensi. Didapatkan hubungan yang bermakna secara statistik antara indeks massa tubuh terhadap Hipertensi pada usia 20-45 tahun di Puskesmas Kecamatan X di Jakarta Barat (p<0,05) dan didapatkan hubungan yang tidak bermakna secara statistik antara lingkar perut terhadap Hipertensi pada usia 20-45 tahun di Puskesmas Kecamatan X di Jakarta Barat (p>0,05). Kesimpulan Indeks massa tubuh (IMT) merupakan Universitas Tarumanagara viii faktor resiko terjadinya hipertensi pada kelompok usia dewasa sedangkan lingkar perut bukan merupakan faktor resiko terjadinya hipertensi pada kelompok usia dewasa di Jakarta Barat. Diperlukan kajian lanjutan untuk menilai hubungan antara hipertensi dengan faktor resiko lainya pada kelompok usia dewasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Santoso, Alexander Halim
Uncontrolled Keywords: hipertensi, indeks massa tubuh, lingkar perut, dewasa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:10
Last Modified: 27 May 2024 14:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29917

Actions (login required)

View Item View Item