HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA/I ANGKATAN 2018/2019 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

ALEXANDRO, HOKI (2020) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA/I ANGKATAN 2018/2019 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stres merupakan suatu hal yang dapat terjadi pada semua orang dan merupakan hal yang kerap kali terjadi pada mahasiswa-mahasiswi khususnya mahasiswamahasiswi kedokteran akibat tekanan yang berat untuk menyelesaikan studinya. Stres adalah suatu respon tubuh terhadap stresor. Stres pada seseorang dapat mempengaruhi kehidupannya termasuk kualitas tidur. Kualitas tidur adalah ukuran menilai kemudahan dalam memulai dan mempertahankan tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan kualitas tidur pada mahasiswa/i angkatan 2018/2019 Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Peneltian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain peneltian potong lintang. Pengambilan sampel dilakukan secara nonconsecutive random sampling. Tingkat stres pada mahasiswa diukur dengan menggunakan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS) dan kualitas tidur pada mahasiswa diukur dengan menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa/i angkatan 2018/2019 Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Dari 107 responden yang terdiri dari 32 mahasiswa dan 75 mahasiswi, tingkat stres ringan sebanyak 29.9%, stres sedang-berat sebanyak 70.1%. Untuk kualitas tidur sebanyak 38.3% memiliki kualitas tidur yang baik dan 61.7% memiliki kualitas tidur yang buruk. Hasil analisis dengan uji chi square menunjukan terdapat hubungan antara tingkat stres dengan kualitas tidur (nilai p value <0.0001) dan memiliki korelasi kuat dan bermakna (r=0.451). Kesimpulan: Berdasarkan penelitian ini menunjukan terdapat hubungan antara tingkat stres dengan kualitas tidur pada mahasiswa/i angkatan 2018/2019 Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Halim, Susilodinata
Uncontrolled Keywords: tingkat stres, kualitas tidur, mahasiswa kedokteran
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:09
Last Modified: 27 May 2024 14:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29920

Actions (login required)

View Item View Item