HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU PADA BAYI USIA 6-12 DENGAN KEJADIAN DIARE

SARAGIH, MELINDA (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU PADA BAYI USIA 6-12 DENGAN KEJADIAN DIARE. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Diare merupakan penyebab kematian utama anak, terhitung sekitar 8 persen dari semua kematian pada anak-anak usia di bawah 5 tahun di seluruh dunia pada tahun 2017. Pemberian makanan pendamping ASI merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kejadian diare. Makanan yang tercemar, basi dan beracun, terlalu banyak lemak, mentah dan kurang matang, serta makanan yang habis masa kadaluarsanya biasanya memicu terjadinya diare pada bayi dan anak -anak.Selain beberapa faktor tersebut, penularan diare biasanya terjadi melalui gelas, piring, atau sendok yang tidak bersih atau tercemar oleh kuman. Orang tua berperan besar dalam mengasuh anak agar terhindar dari kejadian diare. Orang tua harus memiliki pengetahuan mengenai pemberian MPASI yang tepat, adekuat, aman dan higienis, serta responsif pada bayi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan orang tua mengenai MPASI dengan kejadian diare pada bayi usia 6 – 12 bulan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik cross sectional untuk mengetahui hubungan pengetahuan orang tua mengenai MPASI dengan kejadian diare pada bayi usia 6 – 12 bulan. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan alat kuisioner yang dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2020 pada 27 responden.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahuan orang tua mengenai MPASI pada bayi usia 6 – 12 bulan dan variabel tergantung dalam penelitian ini adalah kejadian diare. Dari hasil uji Chi Square analisis didapatkan p = 0.756 dimana p>0.05 artinya Hipotesis nol diterima, tidak ada hubungan antara pengetahuan orang tua mengenai MPASI dengan kejadian diare pada bayi usia 6 – 12 bulan di Puskesmas Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Farah, Fransiska
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan orang tua, diare, MPASI
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:07
Last Modified: 27 May 2024 14:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29926

Actions (login required)

View Item View Item