GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TAHAP KLINIK TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN RUMAH SAKIT DAN WAHANA PENDIDIKAN LAINNYA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITASTARUMANAGARA

SUPARNI, RATIH DWI AFIKA (2020) GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA TAHAP KLINIK TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN RUMAH SAKIT DAN WAHANA PENDIDIKAN LAINNYA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITASTARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan kedokteran dianggap sebagai salah satu program pelatihan yang paling sulit. Oleh karena itu, dibutuhkan evaluasi terhadap lingkungan pembelajaran. Lingkungan pembelajaran adalah suatu lingkungan fisik, sosial dan psikologis yang dapat mempengaruhi perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan sehingga dapat meningkatkan performa akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan desain cross-sectional pada 108 mahasiswa tahap klinik di Kedokteran Universitas Tarumanagara. Data yang diambil menggunakan kuesioner Postgraduate Hospital Education Environment Measure (PHEEM) yang telah divalidasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa persepsi mahasiswa tahap klinik terhadap lingkungan pembelajaran yaitu lebih positif daripada negatif tetapi ada ruang untuk perbaikan (64,8%). Pada Aspek otonomi peran memiliki persepsi yang lebih positif tentang pekerjaan seseorang (62,0%). Pada aspek pengajaran memiliki persepsi pengajar teladan (63,9%). Pada aspek dukungan sosial memiliki persepsi lebih banyak pro daripada kontra (75,0%). Kesimpulan, lingkungan pembelajaran tahap klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara yaitu lebih positif daripada negatif tetapi ada ruang untuk perbaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widjaja, Yoanita
Uncontrolled Keywords: Lingkungan pembelajaran tahap klinik, PHEEM, persepsi mahasiswa tahap klinik
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:06
Last Modified: 27 May 2024 14:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29932

Actions (login required)

View Item View Item