GAMBARAN KADAR HIDRASI KULIT SEBELUM DAN SESUDAH FOTOTERAPI PADA PASIEN POLI KULIT DAN KELAMIN RUMAH SAKIT SUMBER WARAS PERIODE JANUARI – AGUSTUS 2020

TANELY, WINNIA (2020) GAMBARAN KADAR HIDRASI KULIT SEBELUM DAN SESUDAH FOTOTERAPI PADA PASIEN POLI KULIT DAN KELAMIN RUMAH SAKIT SUMBER WARAS PERIODE JANUARI – AGUSTUS 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidrasi kulit merupakan salah satu parameter untuk mengetahui kesehatan kulit. Terdapat 2 komponen utama yang berperan dalam menjaga kadar hidrasi kulit yaitu natural moisturizing factor (NMF) dan lipid interseluler. Berbagai macam faktor intrinsik dan ekstrinsik dapat menyebabkan gangguan pada kedua komponen tersebut sehingga mencetus terjadinya xerosis. Penyakit kulit seperti psoriasis, dermatitis atopik, vitiligo dan skleroderma dapat menyebabkan kadar hidrasi kulit yang menurun, inflamasi serta pruritus. Fototerapi dengan NBUVB dapat bermanfaat untuk menurunkan inflamasi dan pruritus tersebut, namun terapi ini menyebabkan kadar hidrasi kulit menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran kadar hidrasi kulit pada subjek yang mendapatkan fototerapi NBUVB di Poli Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Sumber Waras. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subjek yang berhasil didapatkan pada penelitian ini berjumlah 10 subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan seluruh subjek fototerapi NBUVB memiliki kadar hidrasi kulit yang sangat kering. Penurunan kadar hidrasi kulit tertinggi ditemukan pada subjek skleroderma dengan penurunan sebesar 11,8%. Penurunan kadar hidrasi kulit pada subjek fototerapi NBUVB tidak dipengaruhi oleh besaran dosis dan durasi fototerapi NBUVB. Sebagai kesimpulan, fototerapi NBUVB dapat mempengaruhi kadar hidrasi kulit, namun besarannya tidak dipengaruhi oleh dosis dan durasi pemberian fototerapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wijayadi, Linda Yulianti
Uncontrolled Keywords: hidrasi kulit, xerosis, penyakit kulit, fototerapi NBUVB.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:05
Last Modified: 27 May 2024 14:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29938

Actions (login required)

View Item View Item