GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2017 MENGENAI SKABIES PERIODE OKTOBER-DESEMBER 2020

ELENA, BEATRICE ELIZABETH (2020) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MAHASISWA/I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2017 MENGENAI SKABIES PERIODE OKTOBER-DESEMBER 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skabies merupakan penyakit infeksi kulit pada manusia yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei varian hominis. Skabies ditemukan kosmopolit, terutama di negara- negara tropis dan daerah dengan tingkat kemiskinan dan kepadatan penduduk yang tinggi seperti Indonesia. Skabies menduduki peringkat ketiga dari 12 penyakit kulit terbanyak menurut Depkes RI tahun 2008. Masih sedikit penelitian yang dilakukan terhadap tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku mahasiswa/i Fakultas Kedokteran mengenai skabies. Penting untuk mengetahui seberapa jauh para calon dokter paham akan penyakit tersebut yang endemis di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku mahasiswa, serta mengetahui hubungan tingkat pengetahuan terhadap sikap dan perilaku mahasiswa mengenai skabies. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan pendekatan cross-sectional dengan jumlah responden 126 orang. Instrumen penelitian merupakan kuesioner yang dibagikan melalui Google forms. Variabel bebas adalah tingkat pengetahuan dan sikap mahasiswa, variabel terikat adalah perilaku mahasiswa terhadap skabies. Hasil yang didapatkan yaitu karakteristik responden terbanyak adalah perempuan sebesar 69,0%. Tingkat pengetahuan mahasiswa didapatkan dengan kategori baik sebanyak 26,2%, kategori cukup sebanyak 70,6%, kategori kurang sebesar 3,2%. Sikap mahasiswa didapatkan sikap dengan kategori baik sebanyak 98,4%, dan kategori cukup sebanyak 1,6%. Perilaku mahasiswa didapatkan dengan kategori baik sebanyak 84,1%, dan kategori cukup sebanyak 15,9%. Sebagian besar responden yaitu 69,0% memiliki tingkat pengetahuan cukup serta sikap yang baik, dan sebanyak 57,9% responden memiliki tingkat pengetahuan yang cukup dan perilaku yang baik. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2017 memiliki tingkat pengetahuan yang cukup, sikap yang baik dan perilaku yang baik mengenai skabies. Kesimpulan juga didapatkan bahwa dengan tingkat pengetahuan yang bervariasi, mahasiswa memiliki sikap perilaku yang baik mengenai skabies.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Song, Chrismerry
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, sikap, perilaku, skabies
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:05
Last Modified: 27 May 2024 14:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29943

Actions (login required)

View Item View Item