GAMBARAN ANGKA KEJADIAN HIPERBILIRUBINEMIA PADA NEONATUS DENGAN INKOMPATIBILITAS ABO DI RSUD BUDHI ASIH JAKARTA TIMUR PERIODE 2018/2019

LIOW, CHANELIA DIRGATNI (2020) GAMBARAN ANGKA KEJADIAN HIPERBILIRUBINEMIA PADA NEONATUS DENGAN INKOMPATIBILITAS ABO DI RSUD BUDHI ASIH JAKARTA TIMUR PERIODE 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hiperbilirubinemia adalah kejadian meningkatnya kadar bilirubin di dalam darah dan merupakan masalah yang sering dijumpai pada bayi baru lahir. Pada Riset Kesehatan Dasar 2015, angka kejadian hiperbilirubinemia pada bayi baru lahir mencapai 51,47%. Salah satu penyebab terjadinya hiperbilirubinemia adalah ketidakcocokan golongan darah antara ibu dan bayi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode cross-sectional yang bertujuan untuk mengetahui angka kejadian hiperbilirubinemia terhadap ibu dan neonatus dengan golongan darah berbeda. Sampel pada penelitian ini adalah ibu dan neonatus di RSUD Budhi Asih sebanyak 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan melihat data rekam medis. Pengambilan data dilakukan dengan mengambil data rekam medis periode 2018/2019. Dari hasil penelitian ini, didapatkan usia rerata neonatus yang menjadi subjek penelitian adalah 4.78 hari. Golongan darah terbanyak pada neonatus secara berturut-turut adalah golongan darah O, B, A, AB. Dari 80 subjek neonatus yang terkumpul, yang mengalami hiperbilirubinemia, 40 subjek diantaranya memiliki golongan darah berbeda antara bayi dan ibu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ludong, Marina M.
Uncontrolled Keywords: Hiperbilirubinemia, golongan darah, ibu, neonatus, RSUD Budhi Asih
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:04
Last Modified: 27 May 2024 14:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29951

Actions (login required)

View Item View Item