PERHITUNGAN BESARAN BIAYA UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN ENERGI BAYI USIA 0-12 BULAN YANG DIBERIKAN FORMULA DAN MPASI PABRIKAN

CLAUDIA, CLAUDIA (2020) PERHITUNGAN BESARAN BIAYA UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN ENERGI BAYI USIA 0-12 BULAN YANG DIBERIKAN FORMULA DAN MPASI PABRIKAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nutrisi dan pengasuhan merupakan dua hal yang penting pada tahun pertama kehidupan untuk kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang. WHO merekomendasikan untuk bayi mendapatkan ASI sejak satu jam pertama kehidupan, dan diberi ASI eksklusif sampai usia enam bulan, lalu mulai diperkenalkan dengan makanan MPASI yang adekuat, aman, dan tepat sampai usia dua tahun atau lebih dengan tetap disertai dengan pemberian ASI. Meskipun tingkat pemberian ASI eksklusif pada bayi di Indonesia meningkat, tetapi masih banyak jumlah Ibu yang memilih untuk memberikan pengganti ASI dan MPASI komersil. Dan hingga saat ini belum ada publikasi yang membahas tetang perkiraan besar biaya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi yang adekuat sepagai pengganti ASI dan MPASI. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghitung perkiraan besaran biaya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi anak sesuai dengan AKG. Dari analisa data berdasarkan harga pasaran susu formula dan MPASI pabrikan, didapatkan besar biaya yang dibutuhkan untuk anak laki-laku adalah Rp12.526.558.49,00 dan untuk anak perempuan adalah Rp11.985.174,20 per tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: ASI, susu formula, MPASI
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:04
Last Modified: 27 May 2024 14:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29952

Actions (login required)

View Item View Item