GAMBARAN ACTIVE LEARNING DAN CRITICAL THINKING DALAM IMPLEMENTASI PBL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHAP AKADEMIK

IPSAN, MELANIA BRIGITTA (2020) GAMBARAN ACTIVE LEARNING DAN CRITICAL THINKING DALAM IMPLEMENTASI PBL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHAP AKADEMIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Problem based learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan menyajikan sebuah masalah untuk didiskusikan bersama. PBL membuat mahasiswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran (active learning) dan menstimulasi mahasiswa untuk berpikir secara kritis (critical thinking). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran active learning dan critical thinking pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional pada 113 mahasiswa dengan menggunakan cluster random sampling. Data diambil dengan menggunakan kuesioner SSACT (self-assessment scale on active learning and critical thinking). Hasil penelitian ini didapatkan rerata skor active learning sebesar 31,05 (5,36) dan critical thinking sebesar 45,17 (5,23). Mahasiswa angkatan 2019 memiliki rerata skor tertinggi yaitu active learning 33,00 (5,11) dan critical thinking 47,26 (5,04). Sedangkan mahasiswa angkatan 2017 memiliki rerata skor terendah yaitu active learning 29,14 (5,19) dan critical thinking 43,49 (5,03).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widjaja, Yoanita
Uncontrolled Keywords: active learning, critical thinking, problem based learning
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:02
Last Modified: 27 May 2024 14:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29959

Actions (login required)

View Item View Item