HUBUNGAN ANTARA ASUPAN KARBOHIDRAT SEDERHANA DENGAN OBESITAS SENTRAL PADA KARYAWAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA JAKARTA TAHUN 2020

HARSYAH, NABILA RIZQIANA (2020) HUBUNGAN ANTARA ASUPAN KARBOHIDRAT SEDERHANA DENGAN OBESITAS SENTRAL PADA KARYAWAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA JAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang sudah tidak asing lagi terjadi pada banyak orang dan jumlahnya sangat meningkat pesat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Obesitas sentral merupakan faktor risiko utama terjadinya berbagai penyakit kardiometabolik, seperti hipertensi dan diabetes. Perubahan pola makan yang tinggi lemak dan tinggi kalori khususnya yang berasal dari karbohidrat sederhana menjadi salah satu faktor penyebab obesitas sentral. Karyawan yang bekerja di belakang meja merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi menderita obesitas sentral karena aktivitas fisik yang kurang dan pola makan yang tidak seimbang. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan asupan karbohidrat sederhana dengan obesitas sentral pada karyawan. Sampel pada penelitian ini adalah karyawan Universitas Tarumanagara sebanyak 118 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Judgemental sampling. Data asupan Karbohidrat sederhana diperoleh dengan wawancara menggunakan Semi Quantitative Food Frequency Questionaire (SQ-FFQ). Data obesitas sentral didapatkan dengan pengukuran lingkar perut. Analisis statistik menggunakan tabel 2x2 dengan uji fisher. Dari hasil penelitian ini didapatkan rata-rata usia subjek adalah 41,44 tahun, sebagian besar responden adalah laki-laki (70,7%). Sebagian besar subjek (98,1%) mempunyai asupan karbohidrat sederhana yang tinggi. Berdasarkan pengukuran lingkar perut didapatkan 70,4% subjek menderita obesitas sentral. Didapatkan tidak terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara asupan karbohidrat sederhana dengan obesitas sentral (P>0,493.). Pemberian edukasi sangat penting agar subjek dapat melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih baik sehingga dapat menurunkan kejadian obesitas sentral dan mencegah terjadinya penyakit kardiometabolik pada karyawan Universitas Tarumanagara (PR= 0,698).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Frisca
Uncontrolled Keywords: Karbohidrat Sederhana, Obesitas Sentral
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:00
Last Modified: 27 May 2024 14:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29962

Actions (login required)

View Item View Item