Perancangan identitas visual UMKM Ani Dessert (DKV - 2600)

Valentine, Angela (2021) Perancangan identitas visual UMKM Ani Dessert (DKV - 2600). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625170033_Angela Valentine_01 Cover.pdf

Download (207kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (304kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_03 Surat Pernyataan.pdf

Download (253kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_04 Kata Pengantar.pdf

Download (64kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_05 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (76kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_06 Isi, Tabel, Grafik, Gambar, Lampiran.pdf

Download (156kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_07 Abstrak.pdf

Download (208kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_07 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_08 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_09 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_10 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_11 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_12 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_13 Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)
[img] Text
625170033_Angela Valentine_14 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://elista.untar.ac.id/detailskripsi.aspx?id=25...

Abstract

Di Indonesia terutama Jakarta, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sedang berkembang pesat terutama di bidang kuliner, yang menjadi kebutuhan pokok setiap masyarakat. Hal ini disebabkan karena produk UMKM memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan produk besar lainnya. Sebagai usaha yang sedang berkembang, UMKM memiliki persoalan dimana banyak UMKM yang menawarkan produk yang sama dengan harga yang mirip sehingga konsumen bingung untuk memilih produk UMKM mana yang akan mereka beli. Permasalahan ini juga dirasakan oleh Ani Dessert. Ani Dessert merupakan sebuah UMKM yang berdiri sejak 2015 dan bergerak di bidang makanan penutup berupa agar atau puding segar dan sehat dengan bahan dasar buah organik dan menggunakan 100% bahan alami, yang memiliki keunikan di produknya yang dapat dipilih sesuai dengan selera konsumen. Walaupun Ani Dessert sudah berdiri sejak 2015, namun masih banyak konsumen yang belum mengetahui produk ini karena penjualan sebelumnya yang masih berdasarkan pemasaran regular dan belum adanya identitas visual yang membedakan Ani Dessert dengan UMKM sejenis lainnya. Khalayak sasaran dari Ani Dessert merupakan pria atau wanita kaum milenial, yang lahir pada tahun 1982 sampai awal tahun 2000 atau berusia 20 sampai 37 tahun yang berasal dari golongan menengah keatas dan sering mengkonsumsi makanan manis namun ingin tetap sehat. Perancangan ini dimulai dari pengumpulan data melalui riset, wawancara, kuesioner dan studi pustaka, sehingga ditemukan kata kunci ulir, sehat, segar dan custom, dengan ide besar yang menekankan pada segar dan sehat. Hasil dari perancangan ini adalah keseluruhan identitas visual yang dapat menekankan pada produk dan identitas mereknya yang sehat dan segar berupa logo, GSM sampai implementasi pada berbagai media yang sesuai dengan kebutuhan Ani Dessert untuk melakukan ekspansi penjualan secara online dan membuka gerai pertamanya di Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari keseluruhan identitas visual Ani Dessert yang memiliki cerita dimana Ani Dessert memiliki produk berupa agar dan puding yang sehat dan segar dengan kemasan ulir yang terbuat dari buah organik dan dapat disesuaikan dengan selera konsumen. Identitas visual ini juga akan memiliki kesan dinamis sesuai dengan bentuk logogram yang bulat atau melingkar pada setiap elemenya. Font yang dipakai dalam identitas visual Ani Dessert merupakan font yang dibuat khusus dan disesuaikan dengan karakteristik Ani Dessert. Selain itu, warna yang digunakan adalah warna yang telah disesuaikan dengan warna asli buah dan teori warna yang dapat mewakili produk Ani Dessert yang memiliki tekstur lembut dan kenyal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: identitas visual, makanan penutup, milenial, UMKM
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 28 May 2021 16:38
Last Modified: 04 Mar 2022 03:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30004

Actions (login required)

View Item View Item