FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN SUSU FORMULA PADA BAYI USIA 6 BULAN DI POSYANDU BOUGENVILLE JAKARTA BARAT TAHUN 2020

IPSAN, NATHAZA CAROLINE (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN SUSU FORMULA PADA BAYI USIA 6 BULAN DI POSYANDU BOUGENVILLE JAKARTA BARAT TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Angka pemberian ASI eksklusif di Indonesia selama bertahun-tahun sangat rendah dan praktik pemberian susu formula semakin meningkat. Pemberian susu formula dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya, faktor ibu, faktor bayi dan faktor lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemberian susu formula pada bayi usia 6 bulan di Posyandu Bougenville, Jakarta Barat dengan menggunakan metode non random consecutive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional, dilakukan pengumpulan data dari 146 responden terutama pada ibu yang bayinya berusia 6 bulan, menggunakan susu formula, dan tidak memberikan ASI eksklusif. Pengumpulan data dilakukan dengan menjawab pertanyaan pada kuesioner secara daring melalui google form. Hasil penelitian yang diperoleh dari 96 responden yang menggunakan susu formula menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian susu formula adalah promosi susu formula (95%), kesehatan bayi (49%), ibu bekerja (36%), kurangnya edukasi menyusui (6%) dan kesehatan ibu (2%). Tindakan pemberian susu formula bersifat multifaktorial, penelitian ini merekomendasikan agar setiap individu atau organisasi atau instansi yang terlibat harus bertindak dan mendukung pemberian ASI eksklusif serta memberikan pengawasan dan pembatasan yang ketat terkait penggunaan dan promosi susu formula khususnya untuk bayi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Esthernita, Naomi
Uncontrolled Keywords: Pemberian susu formula pada bayi, faktor ibu, faktor bayi, faktor lingkungan, ASI Eksklusif
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:00
Last Modified: 27 May 2024 14:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30043

Actions (login required)

View Item View Item