PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA PADA UKM KULINER DI KAWASAN KOTA TUA JAKARTA

VALENTINO, AFRINDO (2020) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA PADA UKM KULINER DI KAWASAN KOTA TUA JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
AFRINDO VALENTINO 115150436 JA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orienasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif di mana data yang dikumpulkan oleh peneliti menggunakan metode survei dengan platform “google form” terhadap 50 responden yang merupakan pengusaha sektor UKM Kuliner di kawasan Kota Tua Jakarta. Selanjutnya terdapat dua hipotesis yang akan diuji dengan cara mengkalkulasi data berskala Likert menggunakan PLSSEM. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non- robability sampling dengan metode convenience sampling. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah PLS-SEM yang dikalkulasi melalui software SmartPLS versi 3.3.2 dengan metode bootstrapping untuk mengukur tingkat signifikansinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif orientasi pasar secara parsial terhadap kinerja usaha pada UKM bidang kuliner di kawasan Kota Tua dan terdapat pengaruh positif orientasi kewirausahaan secara parsial terhadap kinerja usaha pada UKM bidang kuliner di kawasan Kota Tua. Kata kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Usaha Pembimbing: RR. Kartika Nuringsih, S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2021 02:36
Last Modified: 08 Jun 2023 08:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30064

Actions (login required)

View Item View Item