HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN MENOPAUSE DENGAN TINGKAT KECEMASAN WANI TA PREMENOPAUSE DALAM MENGHADAPI MASA MENOPAUSE DI PUSKESMAS KOTOBANGON KOTA KOTAMOBAGU

WIYONO, PUTRI DHIYA PRAMESWARI (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN MENOPAUSE DENGAN TINGKAT KECEMASAN WANI TA PREMENOPAUSE DALAM MENGHADAPI MASA MENOPAUSE DI PUSKESMAS KOTOBANGON KOTA KOTAMOBAGU. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu peristiwa penting dalam kehidupan seorang wanita adalah menopause. Semasa menopause, beberapa masalah tentu sangat berarti bagi kebanyakan wanita dan dapat membuat mereka merasa lebih cemas. Hal itu terjadi ketika interaksi perubahan hormonal yang mendasar dengan peristiwa emosional yang mengikuti perubahan sosial yang penting dalam peranannya dalam struktur keluarga. Menopause dapat mengganggu kesehatan fisik maupun psikologis yang dapat menimbulkan dampak jangka panjang apabila tidak ditangani dengan serius, sehingga dapat mengakibatkan wanita yang memasuki menopause mengalami kecemasan. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan wanita premenopause dengan tingkat kecemasan menghadapi menopause di Puskesmas Kotobangun Kecamatan Kotamobagu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 96 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil uji statistik dengan menggunakan Chi Square diperoleh hasil bahwa p value sebesar 0,001. Dapat disimpulkan terdapat hubungan antara pengetahuan wanita premenopause dengan tingkat kecemasan menghadapi menopause pada wanita premenopause di Puskesmas Kotobangun Kecamatan Kotamobagu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hidayat, Fadil
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Menopause, Pengetahuan, Premenopause
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:54
Last Modified: 27 May 2024 13:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30071

Actions (login required)

View Item View Item