PENGARUH KEMAHIRAN PROFESIONAL AUDITOR, DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT DENGAN PEMAHAMAN BISNIS KLIEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIK PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI JAKARTA PUSAT)

Kurniawan, Juliana (2013) PENGARUH KEMAHIRAN PROFESIONAL AUDITOR, DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT DENGAN PEMAHAMAN BISNIS KLIEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIK PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI JAKARTA PUSAT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Juliana Kurniawan 125090113 Abstrak.pdf

Download (30kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah skandal keuangan yang terjadi di beberapa negara menyebabkan keraguan dalam diri masayarakat terhadap kualitas jasa audit yang diberikan akuntan publik. Kualitas jasa audit dipengaruhi oleh kemahiran profesional auditor, independensi auditor, dan pemahaman bisnis klien. Metode penelitian ini adalah metode probability sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner ke-45 Kantor Akuntan Publik di Jakarta Pusat dengan jumlah sampel 135 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik path analysis dengan bantuan SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kemahiran profesional auditor, independensi auditor, dan pemahaman bisnis klien berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit. Interaksi moderating kemahiran profesional auditor, dan independensi auditor berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas jasa audit. Interaksi variabel moderating kemahiran profesional auditor dan pemahaman bisnis klien tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit. Interaksi variabel moderating independensi auditor dan pemahaman bisnis klien tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit. Kemahiran profesional auditor, independensi auditor, dan pemahaman bisnis klien tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit. Secara simultan kemahiran profesional auditor, dan independensi auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit dengan pemahaman bisnis klien sebagai variabel moderating. Saran bagi kebijakan manajerial adalah hasil penelitian ini sebaiknya menjadi perhatian pimpinan Kantor Akuntan Publik di Jakarta untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas jasa audit Kantor Akuntan Publik, meningkatkan peran kemahiran profesional/keahlian, mempertahankan sikap independensi, kejujuran good ethics good business dan meningkatkan pemahaman auditor terhadap bisnis klien.Bagi penelitian lanjutan adalah menambah jumlah sampel dan memperluas lingkup penelitian, menambah variabel independen dan moderating lain untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kualitas jasa audit. Kata Kunci: Kemahiran Profesional Auditor, Independensi Auditor, Kualitas Jasa Audit, Pemahaman Bisnis Klien, Kantor Akuntan Publik di Jakarta Pusat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2021 04:31
Last Modified: 31 May 2021 04:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30129

Actions (login required)

View Item View Item