PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSI, PROFITABILITAS, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2010

Angelina, Margareth (2012) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSI, PROFITABILITAS, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Margareth Angelina 125080143 Abstrak.pdf

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris dan menganalisis mengenai pengaruh kepemilikan institusi, profitabilitas, dan corporate governance terhadap luas pengungkapan modal intelektual. Penelitian dilakukan terhadap 50 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2010, serta memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pengungkapan modal struktural, akan tetapi tidak signifikan terhadap indeks pengungkapan komponen modal intelektual lainnya yaitu modal manusia dan modal relasional serta terhadap total pengungkapan modal intelektual. Corporate Governance juga terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap indeks pengungkapan modal intelektual dan juga signifikan terhadap indeks modal manusia dan modal relasional. Profitabilitas tidak terbukti mempunyai pengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan modal intelektual baik secara total maupun terhadap setiap komponen modal intelektual. Hendaknya penelitian selanjutnya menggunakan pengamatan periode yang lebih panjang dan dapat menggunakan variabel lain dalam menguji dampaknya terhadap luas pengungkapan modal intelektual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2021 06:31
Last Modified: 31 May 2021 06:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30141

Actions (login required)

View Item View Item