HUBUNGAN PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL DENGAN SIZE, LEVERAGE, OWNERSHIP. LABA, DAN AUDITOR SIZE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HARGA SAHAM

Rasyid, Ardiansyah and Ardana, I Cenik and Santioso, Linda (2012) HUBUNGAN PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL DENGAN SIZE, LEVERAGE, OWNERSHIP. LABA, DAN AUDITOR SIZE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HARGA SAHAM. Karya Ilmiah Dosen.

[img] Text
2359-5118-1-SM.pdf - Published Version

Download (577kB)

Abstract

Tujuan riset ini adalah ingin membuktikan bahwa ada hubungan antara besaran luasnya pengungkapan pada laporan keuangan (intellectual capital disclosure) dengan corporate size, corporate leverage, Ownership, Profitability, kategori industri dan auditor size. Oleh karena itu,asosiasi ini dapat digunakan sebagai pemodelan dasar untuk dapat dikembangkan menjadi model bahwa ada hubungan antara intellectual capital disclosure dengan prospek perusahaan atau kinerja perusahaan dimasa yang akan datang. Proksi untuk kinerja dimasa yang akan datang adalah harga saham. Harga saham merupakan refleksi dari kepercayaan pasar modal atau basil interaksi permintaan dan penawaran yang terjadi pada saham tersebut. Interaksi ini diasumsikan dipengaruhi oleh faktor fundamental perusahaan yang terkandung pada kandungan informasi yang berasal dari laporan keuangan, khususnya pengungkapan intellectual capital. Konsekuensi dari hal tersebut, maka perusahaan seharusnya dan sewajarnya terdorong untuk lebih transparan, agar nampak terlihat lebih atraktif bagi parapelaku pasar modal (investor). Hal ini mengartikan bahwa intellectual capital disclosure dapat mempengaruhi pasar modal. Pada penelitian ini juga berusaha membuktikan adanya hubungan antara Intellectual Capital dengan laba atau harga saham dimasa yang akan datang.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:14
Last Modified: 04 Apr 2017 07:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item