PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN PT MULTIKARYA INTIMANUNGGAL DI JAKARTA

ELLYS, ELLYS (2020) PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN PT MULTIKARYA INTIMANUNGGAL DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ELLYS 115160424 JA.pdf

Download (171kB)

Abstract

Kepuasan kerja merupakan perasaan senang/kecewa karyawan pada pekerjaan maupun perusahaan dan budaya organisasi merupakan nilai/norma yang ditanamkan oleh perusahaan sehingga hal tersebut merupakan dua variabel penting untuk menjelaskan komitmen organisasi yang berupa keinginan karyawan untuk mempertahankan keanggotaannya di perusahaan sehingga tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan budaya organisasi terhadap komitmen organisasi karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripif di mana data yang dikumpulkan oleh peneliti menggunakan metode survei yang dilakukan secara online terhadap 50 responden yang merupakan karyawan pada posisi non manajerial di PT Multikarya Intimanunggal. Selanjutnya terdapat dua hipotesis yang akan diuji dengan cara mengkalkulasi data berskala Likert menggunakan PLS-SEM. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah PLS-SEM yang dikalkulasi melalui software SmartPLS versi 3.3.2 dengan metode bootstrapping untuk mengukur tingkat signifikansinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi karyawan PT Multikarya Intimanunggal dan budaya organisasi berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi karyawan PT Multikarya Intimanunggal. Kata kunci: Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Pembimbing: Mei Ie, S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2021 07:36
Last Modified: 14 Aug 2023 03:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30237

Actions (login required)

View Item View Item