PENGARUH KETERSEDIAAN SUMBER DAYA, ORIENTASI PELANGGAN, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERTUMBUHAN UMKM WARUNG MAKAN PUJASERA DI KOTA BATAM

FLORENZA, FEREN (2020) PENGARUH KETERSEDIAAN SUMBER DAYA, ORIENTASI PELANGGAN, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERTUMBUHAN UMKM WARUNG MAKAN PUJASERA DI KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FEREN FLORENZA 115160389 JA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah orientasi pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan UMKM Warung Makan Pujasera di Kota Batam. 2) apakah orientasi kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan UMKM Warung Makan Pujasera di Kota Batam. 3) apakah ketersediaan sumber daya berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan UMKM Warung Makan Pujasera di Kota Batam. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 32 reponden pemilik UMKM pada usaha bidang kuliner di warung makanan pujasera Kota Batam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sample dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini yaitu 1) Orientasi Pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan pada UMKM bidang kuliner di Warung Makan Pujasera, Kota Batam. 2) Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan pada UMKM bidang kuliner di Warung Makan Pujasera, Kota Batam. 3) Ketersediaan Sumber Daya berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan pada UMKM bidang kuliner di Warung Makan Pujasera, Kota Batam. Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Kewirausahaan, Ketersediaan Sumber Daya, Pertumbuhan. Pembimbing: Louis Utama, S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2021 08:00
Last Modified: 14 Aug 2023 04:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30249

Actions (login required)

View Item View Item