PENGARUH KREATIVITAS DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI JAKARTA BARAT

WIJAYA, HARIYANTA (2020) PENGARUH KREATIVITAS DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
HARIYANTA WIJAYA 115160216 JA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas, efikasi diri terhadap kinerja UMKM dengan orientasi kewirausahaan sebagai variabel mediasi. Subjek yang terdapat dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 responden yaitu merupakan para pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) yang merupakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan, efikasi diri memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan, dan orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Lalu, orientasi kewirausahaan tidak memediasi variabel efikasi diri terhadap kinerja perusahaan. Tetapi, terdapat pengaruh tidak langsung kreativitas terhadap kinerja perusahaan yang melalui orientasi kewirausahaan sebagai variabel mediasi. Pembimbing: Sarwo Edy Handoyo, S.E., M.M., Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2021 08:42
Last Modified: 14 Aug 2023 07:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30269

Actions (login required)

View Item View Item