PENGARUH NET WORKING CAPITAL, FIRM SIZE, LEVERAGE TERHADAP CORPORATE CASH HOLDING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2019

HALIM, IRWANTO (2020) PENGARUH NET WORKING CAPITAL, FIRM SIZE, LEVERAGE TERHADAP CORPORATE CASH HOLDING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
IRWANTO HALIM 115160454 JA.pdf

Download (252kB)

Abstract

Kas adalah salah satu bentuk kepemilikan aktiva yang paling likuid, yang bisa digunakan oleh seseorang dengan segera untuk memenuhi kewajiban finansial perusahaan. Karena ciri khas dari kas yang likuid, kas memberikan return yang rendah. Oleh karena itu, kita perlu untuk memperhatikan manajemen kas dari perusahaan, dengan cara mengoptimalkan jumlah kas agar jumlahnya tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh net working capital, firm size, leverage terhadap corporate cash holding perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini dianalisa menggunakan analisis regresi data panel pada 36 perusahaan periode 2014-2019, menghasilkan 216 data observasi. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu laporan keuangan. Pengolahan data menggunakan aplikasi e-views 11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa net working capital, firm size berpengaruh secara signifikan terhadap cash holdings. Namun leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap cash holdings terhadap cash holdings. Kata kunci: Kepemilikan Kas, Modal Kerja Bersih, Ukuran Perusahaan (Firm Size), Utang (Leverage), Pembimbing: Herman Ruslim, Dr., C.A., CPA., MAPPI (Cert)., BKP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2021 09:02
Last Modified: 14 Aug 2023 07:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30277

Actions (login required)

View Item View Item