Penataan Kawasan Wisata Waduk Gintung (Objek Studi : Waduk Gintung, Kelurahan Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan)

Azzahra, Annisaa Fathimah (2020) Penataan Kawasan Wisata Waduk Gintung (Objek Studi : Waduk Gintung, Kelurahan Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345160023_Annisaa Fathimah Azzahra_.pdf

Download (640kB)
[img] Text
345160023_Annisaa Fathimah Azzahra_01 Cover.pdf

Download (278kB)
[img] Text
345160023_Annisaa Fathimah Azzahra_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (227kB)
[img] Text
345160023_Annisaa Fathimah Azzahra_03 Kata Pengantar.pdf

Download (416kB)
[img] Text
345160023_Annisaa Fathimah Azzahra_04 Abstrak.pdf

Download (233kB)
[img] Text
345160023_Annisaa Fathimah Azzahra_05 Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (227kB)
[img] Text
345160023_Annisaa Fathimah Azzahra_06 Daftar Isi, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf

Download (631kB)

Abstract

Kawasan obyek wisata Waduk Gintung, merupakan area wisata yang berada di Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Terkenal akan sejarahnya di tahun 2009 yaitu sebuah bencana alam menjadikan kawasan wisata seluas ±21 Ha ini terus berkembang menyesuaikan dengan penanganan yang terus diperbaharui setiap tahunnya. Daya tarik berupa konsep alam yang dicampurkan dengan area rekreasi yang ada merupakan suatu keunikan bagi waduk ini untuk dijadikan kawasan wisata. Adapun masalah yang cukup signifikan iyalah kurangnya fasilitas yang memadai, area didalam kawasan yang memiliki beberapa kepemilikan, beberapa bangunan yang terbangun disekitar waduk, sifat pengunjung yang cenderung mencemari wisata ini dengan membuang sampah sembarangan, dsb. Melihat dari persentase pengunjung yang cukup ramai setiap harinya dan didukung dengan kegiatan pengunjung yang begitu memanfaatkan waduk ini sebagai ruang terbuka publik, peneliti melihat beberapa potensi wisata yang cukup baik apabila dikembangkan dengan sentuhan penataan kawasan. Untuk itu peneliti bertujuan untuk merumuskan rencana penataan kawasan wisata Waduk Gintung dengan konsep ekowisata. Metode pengumpulan data yang dibuat peneliti berupa wawancara, observasi, dokumentasi , kuesioner serta data sekunder berupa data dari instansi terkait yang merujuk terhadap rencana pemerintah akan kawasan tersebut dan peraturan peraturan yang berkaitan dengan permasalahan yang ada pada Waduk Gintung. Selain itu peneliti merumuskan metode analisis dengan menggunakan rumusan deskriptif dengan melihat beberapa jenis analisis seperti analisa kebijakan, lokasi, tapak, wisata, kebutuhan ruang dan benchmarking. Semua analisis ini nantinya akan diolah dan akan menghasilkan seuatu kesimpulan berupa potensi dan masalah yang akan diselesaikan dengan rencana penataan kawasan yang akan dilakukan peneliti. Dan penelitian ini akan ditunjukan peneliti kepada pemerintah sebagai sebuah rekomendasi rencana penataan kawasan wisata yang ideal. Dan akhir dari penelitian ini merujuk pada rencana penataan kawasan wisata didaerah Waduk Gintung sebagai rekomendasi akhir dari penelitian penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 31 May 2021 15:49
Last Modified: 31 May 2021 15:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30315

Actions (login required)

View Item View Item