Rencana Penataan Kampung Nelayan Muara Kamal Sebagai Kampung Wisata Berkelanjutan (Objek Studi: Kampung Nelayan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara)

Larasita, Irma Dela (2020) Rencana Penataan Kampung Nelayan Muara Kamal Sebagai Kampung Wisata Berkelanjutan (Objek Studi: Kampung Nelayan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
345160024_Irma Dela Larasita_01 Cover.pdf

Download (267kB)
[img] Text
345160024_Irma Dela Larasita_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (228kB)
[img] Text
345160024_Irma Dela Larasita_03 Kata Pengantar.pdf

Download (228kB)
[img] Text
345160024_Irma Dela Larasita_04 Abstrak.pdf

Download (327kB)
[img] Text
345160024_Irma Dela Larasita_05 Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

Download (226kB)
[img] Text
345160024_Irma Dela Larasita_06 Daftar Isi, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf

Download (251kB)

Abstract

Jakarta Utara memiliki potensi wisata bahari dan pelabuhan karena letaknya yang berada di pesisir. Seperti Kampung Nelayan Kamal Muara yang berada di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, merupakan perkampungan kumuh dan padat penduduk, untuk menghilangkan kesan kumuh kampung nelayan merubah fisik kampung dengan mengecat kampung menjadi warna-warni. Kampung ini merupakan titik start penyebrangan ke Pulau Seribu dan terkenal dengan pasar serta pelelangan ikannya. Karena pasar ikan inilah kondisi sekitar pelabuhan menjadi bau dan kotor. Wisataan yang ingin berkunjung menjadi segan untuk datang karena kondisi tersebut dan sering tersesat ke Dermaga Angke. Kondisi akses yang kurang baik dan sering terjadi kepadatan lalu lintas, karena jalan Kapuk Kamal memiliki ROW yang kecil yaitu 9 meter dan berada dilingkungan industri. Tujuan rencana penataan kampung nelayan ini untuk memberikan usulan perencanaan kampung nelayan sebagai kampung wisata yang dapat berkelanjutan yang sesuai dengan komponen pariwisata dan memberikan usulan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas hidup, perekonomian serta lingkungan sebagai kampung wisata. Metode yang digunakan secara deskriptif, benchmarking dan persepsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kampung Nelayan Kamal Muara memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan dengan menggunakan konsep pariwisata yang berkelanjutan dan wisata berbasis community based development. Oleh karena itu, rencaa usulan penataan Kampung Nelayan Kamal Muara harus mempertimbangkan aspek ekonomi, lingkungan, social dan budaya. Rekomendasi rencanan penataan mengacu kepada komponen pariwisata yaitu aktraksi, aksesibilitas, amenities, akomodasi, dan aktivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 31 May 2021 15:50
Last Modified: 31 May 2021 15:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30316

Actions (login required)

View Item View Item