PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN UKM BIDANG MAKANAN DAN MINUMAN DI JAKARTA BARAT

HANDOKO, KEVIN (2020) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN UKM BIDANG MAKANAN DAN MINUMAN DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
KEVIN HANDOKO 115160117 JA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi terhadap kinerja perusahaan UKM bidang makanan dan minuman di Jakarta Barat. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan konklusif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dan teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Sebanyak 50 responden terkumpul yaitu para pemilik UKM bidang makanan dan minuman di Jakarta Barat. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM) dan SmartPLS 3.3.2 sebagai alat untuk menganalisis data. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan serta orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan UKM bidang makanan dan minuman di Jakarta Barat, sedangkan inovasi tidak berpengaruh signifikan. Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi, Kinerja Perusahaan. Pembimbing: Ida Puspitowati, S.E, M.E.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:02
Last Modified: 16 Aug 2023 02:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30456

Actions (login required)

View Item View Item