PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2017-2019 DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

ALVIANSYAH, RENALDY (2020) PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2017-2019 DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
RENALDY ALVIANSYAH 115160457 JA.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Mekanisme Tata Kelola Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan. Penelitian ini terdiri dari empat variabel independen, satu variabel mediasi, dan tiga variabel dependen, yaitu proporsi dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, komite audit, dan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel independen, manajemen laba sebagai variabel mediasi, dan ROA, EPS, dan Tobin’s Q sebagai variabel dependen. Metode riset yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 19 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari 2017 sampai 2019 yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah proporsi dewan komisaris independen dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap manajemen laba, komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba, Mekanisme tata kelola perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA, proporsi dewan komisaris independen dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap EPS, komite audit berpengaruh positif tidak signifikan terhadap EPS, mekanisme tata kelola perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Tobin’s Q, tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, manajemen laba berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA, manajemen laba berpengaruh negatif signifikan terhadap Tobin’s Q, manajemen laba berpengaruh positif tidak signifikan terhadap EPS, mekanisme tata kelola perusahaan berpengaruh positif terhadap ROA dan EPS dimediasi oleh manajemen laba, mekanisme tata kelola perusahaan berpengaruh negatif terhadap Tobin’s Q dimediasi oleh manajemen laba, dan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan dimediasi oleh manajemen laba. Kata kunci: mekanisme tata kelola perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan, manajemen laba, kinerja keuangan. Pembimbing; I Gede Adi Putra Drs., M.M., Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 Jun 2021 08:27
Last Modified: 21 Aug 2023 03:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30507

Actions (login required)

View Item View Item