PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR, DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM KULINER DI JAKARTA BARAT

KUSNIADI, RIZKY (2020) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR, DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM KULINER DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja UKM merupakan faktor krusial yang mengacu pada hasil dari strategi yang telah ditetapkan perusahaan untuk mencapai tujuan utamanya. Orientasi kewirausahaan merupakan suatu usaha yang digunakan untuk mendukung kegiatan kewirausahaan itu sendiri. Orientasi pasar merupakan kecenderungan pengusaha untuk melayani kebutuhan pelanggan. Kompetensi kewirausahaan merupakan pengetahuan, keterampulan dan kemampuan individu untuk mengelola sumber daya. Di mana tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan kompetensi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja UKM. Subjek penelitian yang digunakan adalah pelaku/pemilik UKM bidang kuliner di Jakarta Barat. Responden yang digunakan berjumlah 80 orang yang dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner secara online melalui media sosial, seperti Whatsapp, e-mail dan facebook. Kemudian kuesioner dibuat dengan google form berskala Likert. Analisis data menggunakan metode PLS-SEM dengan menggunakan SmartPLS versi 3.3.2. Hasil penelitian menyatakan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan kompetensi kewirausahaan masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UKM bidang kuliner di Jakarta Barat. Kata kunci: Kewirausahaan, Pasar, Kompetensi, dan Kinerja UKM Pembimbing: RR. Kartika Nuringsih, S.E., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 Jun 2021 08:34
Last Modified: 16 May 2023 07:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30511

Actions (login required)

View Item View Item