PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2009-2011

Kristanti, Santi (2013) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2009-2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh dari mekanisme corporate governance dan independensi auditor terhadap manajemen laba. Penelitian kepustakaan dan lapangan telah dilakukan untuk mengetahui apakah mekanisme corporate governance dan independensi auditor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba perusahaan. Populasi penelitian ini sejumlah 40 perusahaan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2011. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 21 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode statistik analisis regresi linear. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan faktor komisaris independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba perusahaan dengan hubungan yang negatif. Komite audit, kepemilikan manajerial, dan independensi auditor tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2021 04:53
Last Modified: 04 Jun 2021 04:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30546

Actions (login required)

View Item View Item