ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI YANG BERFOKUS PADA SUBSISTEM PELAPORAN KEUANGAN : STUDI EMPIRIS PADA UMKM YANG TERDAPAT DI JAKARTA BARAT DAN JAKARTA UTARA TAHUN 2012

Halim, Setiawan (2013) ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI YANG BERFOKUS PADA SUBSISTEM PELAPORAN KEUANGAN : STUDI EMPIRIS PADA UMKM YANG TERDAPAT DI JAKARTA BARAT DAN JAKARTA UTARA TAHUN 2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengetahui, dan mendapatkan bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan sistem informasi akuntansi pada UMKM yang terdiri dari kecanggihan teknologi informasi, pengetahuan pemilik/manajer, komitmen pemilik/manajer dan internal control. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah model analisis regresi berganda serta menggunakan uji-t. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji analisis statistik deskriptif dan pengujian asumsi klasik. Uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas data, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas. Uji asumsi klasik dilakukan untuk menguji apakah data layak digunakan untuk pengujian hipotesis. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan program SPSS versi 20 dengan tingkat keyakinan 95%. Hasil penelitian menunjukkan kecanggihan teknologi dan pengendalian intern berpengaruh terhadap penerapan sistem informasi akuntansi pada UMKM sedangkan pengetahuan pemilik/manajer dan komitmen pemilik/manajer tidak berpengaruh terhadap penerapan sistem informasi akuntansi pada UMKM. Kata Kunci: Penerapan SIA, Kecanggihan IT, Pengetahuan Pemilik/Manajer, Komitmen Pemilik/Manajer, Pengendalian Intern, UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2021 05:02
Last Modified: 04 Jun 2021 05:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30550

Actions (login required)

View Item View Item