Rancang Bangun Konveyor Otomatis Berbasis Arduino dan Monitoring Melalui Aplikasi Android di PT. Ultra Prima Plast Untuk Meningkatkan Efisiensi Sistem Produksi

Halim, Jeason Ananda (2021) Rancang Bangun Konveyor Otomatis Berbasis Arduino dan Monitoring Melalui Aplikasi Android di PT. Ultra Prima Plast Untuk Meningkatkan Efisiensi Sistem Produksi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
525170016_Jeason Ananda Halim_01 Cover.pdf

Download (74kB)
[img] Text
525170016_Jeason Ananda Halim_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (24kB)
[img] Text
525170016_Jeason Ananda Halim_03 Kata Pengantar.pdf

Download (71kB)
[img] Text
525170016_Jeason Ananda Halim_04 Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
525170016_Jeason Ananda Halim_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (38kB)
[img] Text
525170016_Jeason Ananda Halim_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (44kB)

Abstract

Sistem produksi merupakan penunjang perusahaan yang berperan penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadikan bidang produksi harus disesuaikan agar sistem produksi bisa mengikuti perubahan teknologi yang ada. Tentu saja dengan cara yang perlahan agar terstruktur dan menghasilkan sistem yang baik tanpa merugikan beberapa pihak dengan maksud memudahkan pekerjaan manusia agar menjadi lebih efektif. Salah satu teknologi yang sesuai untuk digunakan agar bidang produksi dapat mengikuti kemajuan teknologi yang ada adalah monitoring online. Yaitu teknologi yang dapat memantau kondisi secara jarak jauh menggunakan Aplikasi Android atau Web yang terhubung dengan Internet. Semua kondisi mesin dan parameter yang masuk kedalam sistem monitoring akan tercatat secara otomatis dan dapat dipantau dari jarak jauh dan darimana saja tanpa harus datang ke pabrik. Sehingga sebuah error atau downtime yang terjadi pada bidang produksi dapat diketahui dari jarak jauh tanpa harus datang ke pabrik. Sebuah penyebab error atau downtime yang terjadi akan tercatat dan bisa dievaluasi lebih lanjut agar perusahaan dapat memiliki sistem produksi yang lebih baik kedepannya. Hal tersebut juga menjadikan supervisor lebih mudah dalam memantau produksi yang ada di pabrik. Konsep ini digunakan untuk memantau jumlah produksi dengan diaplikasikan pada sebuah Konveyor Otomatis yang menjadi penampungan produksi plastik di PT.Ultra Prima Plast melalui pemantauan online yang dapat dilakukan dimana saja. Sehingga sistem produksi yang ada bisa meningkat efisiensinya karena beberapa tahapan produksi dapat dilakukan secara otomatis oleh konveyor dengan menggunakan sensor proximity induktif sebagai counter dan sensor ultrasonik sebagai pendeteksi hasil produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Monitoring, Sistem Produksi, Konveyor Otomatis
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 04 Jun 2021 05:15
Last Modified: 18 Oct 2021 05:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30556

Actions (login required)

View Item View Item