PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMPOSISI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, UKURAN KAP, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011

Vanessa, Vanessa (2012) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMPOSISI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, UKURAN KAP, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh kepemilikan institusional, komposisi dewan komisaris independen, ukuran KAP, ukuran perusahaan dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan 105 data dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling tahun 2009-2011. Data dianalis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran KAP dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan kepemilikan institusional, komposisi dewan komisaris independen dan leverage tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:23
Last Modified: 04 Jun 2021 06:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30575

Actions (login required)

View Item View Item