PENGARUH PERBEDAAN LABA AKUNTANSI DAN LABA FISKAL (BOOK TAX DIFFERENCES) TERHADAP PERSISTENSI LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Putri, Amelinda Jaya (2014) PENGARUH PERBEDAAN LABA AKUNTANSI DAN LABA FISKAL (BOOK TAX DIFFERENCES) TERHADAP PERSISTENSI LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor–faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal, kemudian menganalisis pengaruh perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010-2013. Pada penelitian ini terdapat dua variabel dependen dan enam variabel independen. Variabel dependen dalam penelitian ini terdiri dari perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal, dan persistensi laba. Variabel independen penelitian ini terdiri dari perbedaan besar laba akuntansi dan laba fiskal yang bernilai positif, negatif dan kecil, perubahan pendapatan, nilai aktiva tetap kotor, dan ukuran perusahaan. Metode analisis statistik dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dan uji beda dengan menggunakan program SPSS versi 20.00. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan pendapatan tidak berpengaruh terhadap perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal, sedangkan nilai aktiva tetap kotor dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap perbedaan laba akuntansi dan laba fiskal. Perbedaan besar laba akuntansi dan laba fiskal yang bernilai positif dengan perbedaan besar laba akuntansi dan laba fiskal yang bernilai negatif mengakibatkan persistensi laba rendah dibandingkan perusahaan dengan perbedaan kecil laba akuntansi dan laba fiskal. Penelitian ini bertujuan untuk bahan pembelajaran yang terkait dengan pebedaan laba akuntansi dan laba fiskal, serta persistensi laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:55
Last Modified: 04 Jun 2021 07:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30591

Actions (login required)

View Item View Item