PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN, SERTA KEAMANAN DAN KERAHASIAAN E-SPT TERHADAP PENGGUNAAN FASILITAS E-SPT OLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA JAKARTA CAKUNG DUA.

Cempaka, Birgitta Koes Widya (2014) PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN, SERTA KEAMANAN DAN KERAHASIAAN E-SPT TERHADAP PENGGUNAAN FASILITAS E-SPT OLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA JAKARTA CAKUNG DUA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manfaat, kemudahan, serta keamanan dan kerahasiaan e-SPT terhadap penggunaan fasilitas e-SPT oleh Wajib Pajak Orang Pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan melalui penyebaran kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk melaporkan SPT atau dengan meminta bantuan kepada pegawai di KPP tersebut. Berdasarkan hasil analisis serta pembahasan dalam bab sebelumnya, dapat dibuat suatu kesimpulan antara lain: 1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara manfaat e-SPT terhadap penggunaan fasilitas e-SPT. 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemudahan e-SPT terhadap penggunaan fasilitas e-SPT. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keamanan dan kerahasiaan e-SPT terhadap penggunaan fasilitas e-SPT. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara manfaat, kemudahan, serta keamanan dan kerahasiaan e-SPT secara bersama-sama terhadap penggunaan fasilitas e-SPT. 5) Dari hasil penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi ganda (R2) sebesar 0.233 (sebesar 23.3%). 6) Berdasarkan penelitian lapangan, para Wajib Pajak Orang Pribadi yang datang belum banyak yang menerapkan e-SPT atau mengetahui e-SPT melalui iklan-iklan pajak melalui media elektronik yang terdapat di KPP. 7) e-SPT menjadikan sistem penghitungan pajak serta pelaporannya menjadi lebih praktis, dapat menghemat waktu, serta data pajak yang akan dilaporkan tersimpan dengan aman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:07
Last Modified: 04 Jun 2021 08:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30595

Actions (login required)

View Item View Item