PENGARUH LEVERAGE, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE) PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2012.

Puspitasari, Christiany (2014) PENGARUH LEVERAGE, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE) PADA PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Christiany Puspitasari 125100122 JA.pdf

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh leverage, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak (tax avoidance) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010-2012. Tax avoidance sebagai variabel dependen, sedangkan leverage, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan sampel berupa laporan keuangan dari 170 perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2010-2012. Penelitian ini menggunakan metode tidak acak. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan variabel kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik, penelitian selanjutnya dapat menambah variabel lain yang memiliki kemungkinan pengaruh yang besar, menggunakan perusahaan lain selain manufaktur, dan memperpanjang periode penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:22
Last Modified: 25 Aug 2023 08:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30598

Actions (login required)

View Item View Item