ANALISIS PEGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, NET PROFIT MARGIN, DANRETURN ON EQUITYTERHADAP DIVIDEND PAYOUTRATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2012.

Junianty, Junianty (2014) ANALISIS PEGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, NET PROFIT MARGIN, DANRETURN ON EQUITYTERHADAP DIVIDEND PAYOUTRATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuanpenelitianadalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh current ratio (CR),debt to equity ratio (DER), net profit margin (NPM), dan return on equity (ROE) terhadap dividend payout ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2012. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 31 perusahaan setiap tahunnya. Penelitian ini menggunakan metode tidak acak dan teknik pemilihan sampelnya adalah teknik pemilihan sampel tak acak bertujuan (purposive sampling). Analisisnya menggunakan regresi linear bergandadan uji hipotesis menggunakan t statistik untuk menguji koefisien regresiparsialdengan tingkatkepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel DER dan ROE berpengaruh signifikan terhadap DPR. Sedangkan variabel CRdan NPM tidak berpengaruh signifikan terhadap DPR. Nilai adjusted R2sebesar 0.194 menunjukkan bahwa variabelindependen yang ada pada model dapat menjelaskan variasi perubahanDPRsebesar 19.4%. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik, penelitian selanjutnya dapat menambah variabel lain yang memiliki kemungkinan pengaruh yang besar, menggunakan perusahaan lain selain manufaktur, memperpanjang periode penelitian, dan menggunakan faktor selain faktor fundamental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 04 Jun 2021 09:07
Last Modified: 04 Jun 2021 09:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30615

Actions (login required)

View Item View Item