PENGARUH CRISIS RESPONSIBILITY TERHADAP POST-CRISIS REPUTATION PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA

ANASTHASIA, ANASTHASIA (2020) PENGARUH CRISIS RESPONSIBILITY TERHADAP POST-CRISIS REPUTATION PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Abstrak122.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini dijalankan didasari atas permasalahan pada maskapai Garuda Indonesia terutama mengenai penulisan menu makanan yang menggunakan tulisan kertas serta respon Garuda Indonesia terhadap kasus tersebut yang dianggap kurang baik karena melarang seluruh penumpang maskapai Garuda Indonesia untuk mendokumentasikan gambar di dalam kabin Garuda Indonesia dan diduga hal tersebut dapat menurunkan reputasi Garuda Indonesia paska krisis tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui hubungan crisis responsibility dengan post-crisis reputation maskapai Garuda Indonesia dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh crisis responsibility terhadap post-crisis reputation maskapai Garuda Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai metode pengumpulan data yang disebarkan kepada penumpang Garuda Indonesia yang mengetahui permasalahan Garuda Indonesia mengenai penulisan menu makanan dengan tulisan tangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa crisis reponsibility berpengaruh signifikan terhadap post-crisis reputation pada Garuda Indonesia. Hal ini terjadi karena saat sebuah maskapai penerbangan mengalami masalah, sebuah tindakan atau response dari pihak maskapai tersebut menjadi sangat fundamental bagi citra maskapai itu sendiri setelah kasus tersebut selesai. Public relations memiliki peranan yang sangat penting dalam menyikapi permasalahan. Kesalahan yang dilakukan pihak Garuda Indonesia dengan melarang seluruh pengunjung berfoto di dalam pesawat membuat post-crisis reputation Garuda Indonesia juga menurun. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka dapat disarankan bahwa perusahaan disarankan untuk sangat memerhatikan tindakan dan keputusan yang diambil dalam menyikapi krisis yang terjadi. Hal ini berlaku juga untuk seluruh maskapai penerbangan untuk memerhatikan dan memikirkan lebih matang cara-cara atau langkah-langkah yang diambil dalam menyikapi permasalahan yang besar. Kata kunci: Crisis Responsibility, Post-Crisis Reputation, Public Relations

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:24
Last Modified: 08 Jun 2021 03:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

View Item View Item