PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KUALITAS AUDITOR TERHADAP LITIGASI AUDITOR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2010

Suryana, Clarissa (2012) PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KUALITAS AUDITOR TERHADAP LITIGASI AUDITOR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Clarissa Suryana 125080381 Abstrak.pdf

Download (24kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor mekanisme tata kelola perusahaan, ukuran perusahaan, dan kualitas auditor terhadap terjadinya litigasi auditor, sehingga dapat membantu para auditor dan pihak lainnya yang memiliki kemungkinan untuk terlibat agar lebih berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menjalankan kewajibannya. Metode penelitian penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data sekunder, yang mana terdiri dari laporan keuangan teraudit dan siaran pers akhir tahun. Dari data yang telah dikumpulkan kemudian dilakukan beberapa pengujian untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor yang ada terhadap litigasi auditor. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor seperti komite audit, komisaris independen, kepemilikan institusi, dan kualitas audit tidak memiliki pengaruh terhadap litigasi auditor. Faktor yang mempengaruhi litigasi auditor adalah kepemilikan manajemen dan ukuran perusahaan. Semakin besarnya kepemilikan manajemen maka semakin besar juga kemungkinan terjadinya litigasi. Begitu pula dengan ukuran perusahaan. Semakin besar ukuran perusahaan semakin besar kemungkinan terjadinya litigasi auditor. Karena itu disarankan kepada auditor agar lebih berhati-hati dalam penugasan dan bekerja dengan lebih teliti lagi. Pada akhir penelitian ini terdapat juga saran dan rekomendasi atas kelemahan dan kekurangan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:39
Last Modified: 08 Jun 2021 04:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30760

Actions (login required)

View Item View Item