PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PERINGKAT DAN YIELD OBLIGASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008 SAMPAI DENGAN 2010

Iskandar, Daniel Matthew (2012) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PERINGKAT DAN YIELD OBLIGASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008 SAMPAI DENGAN 2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti apakah mekanisme good corporate governance akan berpengaruh terhadap peringkat dan yield obligasi. Mekanisme good corporate governance sebagai variabel independen yang diproksi oleh kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit, dan kepemilikan manajerial. Sedangkan, variabel dependen dari penelitian ini adalah peringkat obligasi dan yield obligasi. Sampel penelitian ini terdiri dari seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008–2010. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program komputer SPSS for Windows 17.0. Hasil penelitian periode 2008-2010 menunjukkan variabel kepemilikan manajerial mempunyai pengaruh yang signifikan dan berhubungan positif terhadap peringkat obligasi. Penelitian ini tidak berhasil membuktikan bahwa kepemilikan institusional, komite audit, dan komisaris independen berpengaruh secara signifikan terhadap peringkat obligasi. Selain itu penelitian ini membuktikan bahwa kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial mempunyai pengaruh yang signifikan dan berhubungan negatif terhadap yield obligasi, namun tidak dapat membuktikan komisaris independen dan komite audit berpengaruh secara signifikan terhadap yield obligasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:44
Last Modified: 08 Jun 2021 04:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30765

Actions (login required)

View Item View Item