KELAYAKAN BERITA DALAM PROSES GATEKEEPING DI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK TVRI JAKARTA (STUDI KASUS PROGRAM SOFT NEWS “SEMANGAT PAGI INDONESIA” PADA 22 MEI 2019)

NELSON, NELSON (2019) KELAYAKAN BERITA DALAM PROSES GATEKEEPING DI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK TVRI JAKARTA (STUDI KASUS PROGRAM SOFT NEWS “SEMANGAT PAGI INDONESIA” PADA 22 MEI 2019). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
nelson.pdf

Download (298kB)

Abstract

Abstrak: Media menjadi acuan masyarakat sebagai pengetahuan akan dunia di sekitar mereka. Masyarakat “haus” akan informasi sehingga menjadikan kecepatan update sebagai prioritas utama media massa saat ini. Namun, kualitas berita seringkali tidak menjadi perhatian. Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Jakarta menjadi acuan untuk menyebarkan berita yang akurat dan faktual. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kelayakan berita dalam proses gatekeeping di LPP TVRI Jakarta. Peneliti menggunakan teori gatekeeping, unsur layak berita dalam stasiun televisi milik pemerintah. Peneliti melakukan wawancara dengan Pimpinan Redaksi LPP TVRI Jakarta, Agil Samal, dan Produser Berita “Semangat Pagi Indonesia” Zainul Muttaqin mengenai proses gatekeeping dalam menentukan kelayakan berita program “Semangat Pagi Indonesia” pada 22 Mei 2019. Pada saat itu terjadi kerusuhan pendemo di asrama BRIMOB, yang menolak hasil keputusan KPU yang memenangkan pasangan calon nomor satu yaitu Joko Widodo. Dalam mengolah data, peneliti menggunakan metode studi kasus. Hasil menunjukkan bahwa pemberitaan di LPP TVRI Jakarta sudah sesuai dengan teori gatekeeping. Namun masih ada kekurangan dalam kelayakan berita di LPP TVRI Jakarta. Kekurangannya dalam aspek keseimbangan berita. Pada saat memberitakan aksi demonstrasi tersebut, TVRI tidak obyektif karena hanya mengambil dari satu sudut pandang yakni pemerintah. Kata kunci : gatekeeping, kelayakan berita, soft news.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:50
Last Modified: 08 Jun 2021 04:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30768

Actions (login required)

View Item View Item