PENGARUH PENGUKURAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2008-2010

Wijaya, Destyani (2012) PENGARUH PENGUKURAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2008-2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara VACA, VAHU dan STVA terhadap NPM, ROA dan ROE baik secara parsial maupun secara simultan, serta mengetahui seberapa besar kemampuan VACA, VAHU dan STVA dalam menjelaskan NPM, ROA dan ROE pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian menggunakan 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008, 2009, dan 2010 yang datanya diperoleh dari Pojok BEI Universitas Tarumanagara Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan dua pengujian yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Penelitian menggunakan bantuan software SPSS 19 for windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa VACA, VAHU dan STVA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap NPM, VACA, VAHU dan STVA tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA dan hanya VAHU yang berpengaruh signifikan terhadap ROE secara parsial, sedangkan secara simultan VACA, VAHU dan STVA hanya berpengaruh terhadap NPM dan ROA dengan tingkat keyakinan 95%. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa persentase paling tinggi variabel ROA yang dapat dijelaskan oleh variabel VACA, VAHU dan STVA sebesar 36,9%, sedangkan sisanya sebesar 63,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diamati dalam skripsi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:52
Last Modified: 08 Jun 2021 04:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30771

Actions (login required)

View Item View Item