MAKNA PESAN DALAM TARI TRADISIONAL (ANALISIS DESKRIPTIF KUALITATIF MAKNA PESAN DALAM KESENIAN TARI PIRING)

FATHONAH, SITI (2019) MAKNA PESAN DALAM TARI TRADISIONAL (ANALISIS DESKRIPTIF KUALITATIF MAKNA PESAN DALAM KESENIAN TARI PIRING). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Abstrak SITI FATHONAH - 915150065.pdf

Download (8kB)

Abstract

Abstrak : Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang makna pesan yang terdapat pada setiap gerakan-gerakan yang ditunjukkan oleh penari serta makna pesan yang ingin disampaikan dalam kesenian Tari Piring. metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode studi kasus, denga menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Serta pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Solok yang berdomisili di jakarta yakni, Duta Pariwisata Minangkabau, Director Sanggar Syofyani, Pelatih atau Penari yang berstatus aktif, serta masyarakat solok yang mengetahui kesenian tari piring. hasil yang didapat dalam penelitian yaitu gerakan-gerakan pada kesenian Tari Piring merupakan hasil adaptasi dari kegiatan masyarakat minangkabau pada saat itu sebagai petani dan pesilat, serta makna pesan yang ingin di tunjukkan pada kesenian Tari Piring adalah karakteristik dari masyarakat Minangkabau sendiri yakni sifat gotong royong, bekerja keras, kebersamaan, dan keberanian. Serta properti piring yang digunakan melambangkan suatu kesejaheraan dan kemakmuran. Pakaian yang digunakan dalam Kesenian Tari Piring melambangkan suatu jati diri masyarakat Minangkabau yang menjunjung tinggi nilai adab, serta syariat agama islam. Kata kunci : Budaya, Tari Piring, Makna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 05:34
Last Modified: 08 Jun 2021 05:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30786

Actions (login required)

View Item View Item