ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Heni, Heni (2012) ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris mengenai ada tidaknya pengaruh antara leverage, profitabilitas yang diukur dengan ROA, dan reputasi auditor terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur. Penelitian dilakukan terhadap 63 data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2009, serta memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah model regresi linier berganda. Oleh karenanya, sebelum melakukan pengujian hipotesis, dilakukan sejumlah pengujian asumsi klasik. Dengan tingkat keyakinan 95%, hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, profitabilitas yang diukur dengan ROA berpengaruh positif terhadap manajemen laba, dan reputasi auditor berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Hendaknya penelitian selanjutnya menambah populasi perusahaan yang akan dijadikan sampel, menggunakan periode pengamatan yang lebih panjang, menyertakan faktor-faktor kualitatif sebagai variabel yang mewakili mekanisme manajemen laba, menggunakan metode penentuan Discretionary Accruals yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:39
Last Modified: 08 Jun 2021 08:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30809

Actions (login required)

View Item View Item