PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA INDUSTRI PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI INDONESIAN CAPITAL MARKET DIRECTORY (ICMD) PERIODE 2007-2010.

Baptista, Jecica Yohana (2012) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA INDUSTRI PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI INDONESIAN CAPITAL MARKET DIRECTORY (ICMD) PERIODE 2007-2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Selvi 125120575 JA.pdf

Download (964kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengetahui, dan mendapatkan bukti empiris mengenai apakah GCG berpengaruh secara parsial terhadap ROE, ROI, ROA, dan NPM pada industri perbankan yang terdaftar di ICMD periode tahun 2007-2010. Penelitian ini menggunakan 40 sampel industri perbankan yang di mana 40 bank tersebut telah memenuhi kriteria sampel. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling pada periode 2007-2010. Variabel independen dalam penelitian ini adalah GCG, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah ROE, ROI, ROA, dan NPM. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah model regresi sederhana serta menggunakan uji-t. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji analisis statistik deskriptif dan pengujian asumsi klasik. Uji asumsi klasik terdiri dari uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas data. Uji asumsi klasik dilakukan untuk menguji apakah data layak digunakan untuk pengujian hipotesis. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan program SPSS versi 17.0 dengan tingkat kenyakinan 95%. Hasil penelitian menunjukkan GCG berpengaruh secara parsial terhadap ROE dan NPM, tetapi GCG tidak berpengaruh secara parsial terhadap ROI dan ROA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 09:15
Last Modified: 16 Jun 2023 07:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30817

Actions (login required)

View Item View Item