Perlindungan hukum terhadap konsumen angkutan udara yang mengalami kerugian akibat pembatalan penerbangan oleh PT. Lion Air : contoh kasus No. 441/PDT.G/2013/PN.JKT.PST / Yenni Kartika

Kartika, Yenni (2016) Perlindungan hukum terhadap konsumen angkutan udara yang mengalami kerugian akibat pembatalan penerbangan oleh PT. Lion Air : contoh kasus No. 441/PDT.G/2013/PN.JKT.PST / Yenni Kartika. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan Negara kepulauan dengan luas wilayah yang berjumlah 13.466 pulau. dimana kebutuhan akan teknologi telekomunikasi dan transportasi sangat berperan penting bagi masyarakat untuk saling berhubungan. Kebutuhan akan jasa pengangkutan sangat berperan bagi Negara kepulauan khususnya Indonesia. Tentu saja hal ini menjadikan usaha transportasi atau bisnis transportasi jasa pengangkutan salah satu bisnis yang menguntungkan bagi pelaku usaha. Namun sangat disayangkanya sering kali pelayanan maskapai penerbangan mengabaikan pelayanan dan kepuasan penumpang. Seperti Maskapai penerbangan Lion Air yang seringkali penumpang merasakan dirugikan sebagai konsumen dengan kendala-kendala yang di timbulkan maskapai penerbangan. Kendala yang sering terjadi adalah keterlambatan dan pembatalan keberangkatan yang dilakukan maskapai penerbangan. Masalah yang mengemuka atas kejadian tersebut antara lain, bagaimana tanggung jawab hukum PT. Lion Air selaku pelaku usaha angkutan udara terhadap konsumen dan bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen angkutan udara yang mengalami kerugikan akibat pembatalan secara sepihak oleh PT. Lion Air? Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian normatif yang didukung wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa maskapai penerbangan Lion Air tidak melakukan tanggung jawabnya sebagai pelaku usaha sehingga Maulite Sitompul sebagai konsumen tidak mendapatkan perlindungan hukum yang diatur di dalam undang-undang berlaku. Pemerintah seharusnya melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap pelaksanaan Undang-undang Perlindungan Konsumen dimana masih banyak pelaku usaha yang tidak mematuhi peraturan yang ada serta pemerintah harus bertindak tegas bagi pelaku usaha yang masih belum mematuhi peraturan yang ada dan Pengangkut harus lebih peduli terhadap kewajiban sebagai pelaku usaha dengan memberikan informasi yang benar kepada konsumen serta memenuhi hak-hak yang seharusnya konsumen dapatkan setelah ia melakukan kewajibanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen, angkutan udara, pembatalan penerbangan, tanggung jawab pelaku usaha.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:26
Last Modified: 05 Jul 2018 04:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/3085

Actions (login required)

View Item View Item