PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHAWAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI JAKARTA TIMUR

JONATHAN, VAN DAMME (2020) PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHAWAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI JAKARTA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
VAN DAMME JONATHAN 115150264 JA.pdf

Download (366kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik wirausahawan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM di Jakarta Timur. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 responden terdiri dari UMKM yang bergerak di bidang jasa konstruksi atau jasa lain nya. Metode analisis data menggunakan analisis structural equation model dan diolah menggunakan smartPLS 3.0 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh karakteristik wirausahawan terhadap kinerja UMKM di Jakarta Timur yang dapat digunakan unttuk meningkatkan sumber daya manusia sebuah UMKM, dan terdapat pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM Jakarta Timur yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kompetitif UMKM. Pembimbing: MEI IE S,E,. M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:34
Last Modified: 29 Aug 2023 07:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30880

Actions (login required)

View Item View Item