ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PORTAL BERITA MEDIA ONLINE MEDIAINDONESIA.COM DAN BERITASATU.COM DALAM DEBAT PILPRES PUTARAN PERTAMA (STUDI KOMPARASI)

SAPULETTE, BUCHE CRISTIAN (2019) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PORTAL BERITA MEDIA ONLINE MEDIAINDONESIA.COM DAN BERITASATU.COM DALAM DEBAT PILPRES PUTARAN PERTAMA (STUDI KOMPARASI). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
buche.pdf

Download (183kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini meneliti mengenai analisis framing yang dilakukan portal berita media online Mediaindonesia.com dan Beritasatu.com yang melakukan pemberitaan terkait pasca debat putaran pertama pemilihan presiden yang berlangsung pada 17 Januari 2019. Dengan menggunakan teori analisis framing yang dikemukakan oleh Robert N. Entman, terlihat bahwa Mediaindonesia.com dalam melakukan pemberitaan pasca debat tersebut sangat mengarah dan selalu memberikan kesan positif pada pasangan Jokowi-Amin, serta memberikan kesan negatif bagi pasangan Prabowo-Sandi. Berbeda dengan Beritasatu.com yang terlihat lebih netral dibandingkan dengan Mediaindonesia.com, meski tetap lebih mengarah pada satu pihak, yaitu Prabowo-Sandi, namun pemberitaannya tidak ada yang memberikan kesan negatif bagi pasangan Jokowi-Amin. Kata Kunci: Analisis Framing, Mediaindonesia.com, Beritasatu.com, Robert N. Entman, Debat Pilpres, Jokowi-Amin, Prabowo-Sandi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:55
Last Modified: 10 Jun 2021 03:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30885

Actions (login required)

View Item View Item