PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI KARYAWAN SEKRETARIAT JENDRAL KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA

AGUSTIN, RENI (2019) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI KARYAWAN SEKRETARIAT JENDRAL KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
reni.pdf

Download (183kB)

Abstract

Abstrak: Komunikasi interpersonal merupakan interaksi antar individu yang tidak dapat dihindari dan iklim komunikasi organisasi tercipta melalui interaksi dan komunikasi antar anggota. Kementerian Komunikasi dan Informatika juga tidak luput dari kegiatan tersebut. Dari interaksi ini dapat menibulkan kepuasan komunikasi yang menjadi tolak ukur lingkungan kerja yang baik.Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi organisasi berpengaruh terhadap kepuasan komunikasi pada Kementerian Komunikasi dan Informatika. Teori utama yang digunakan penelitian dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal, iklim komunikasi dan kepuasan komunikasi. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampeling probability dengan teknik pendekatan dispropotionate stratified random sampling. Populasi pada penelitian ini sebanyak tiga ratus dua puluh pegawai dengan jumlah sampel 101 responden. Kemudian di uji mengunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji T dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi organisasi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan komunikasi, iklim komunikasi memiliki pengaruh paling signifikan dengan dimensi kejujuran dan mendengarkan komunikasi ke atas sebagai dimensi tertinginya. Dengan demikian, hasil penelitian mendukung konsep teori tentang pengaruh komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi organisasi terhadap kepuasan komunikasi karyawan. Kata Kunci : Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Iklim Komunikasi Organisasi, Kepuasan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:59
Last Modified: 10 Jun 2021 03:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30890

Actions (login required)

View Item View Item