Tanggung jawab atas kelalaian pelaku usaha ekspedisi yang menyebabkan kerugian bagi konsumen ditinjau dari undang-undang nomor 8 tahun 1999 : contoh kasus kehilangan barang milik William Apriadi pada saat pengiriman oleh PT. JNE Jakarta Utara / Tevin Laurenz Pipy

Pipy, Tevin Laurenz (2017) Tanggung jawab atas kelalaian pelaku usaha ekspedisi yang menyebabkan kerugian bagi konsumen ditinjau dari undang-undang nomor 8 tahun 1999 : contoh kasus kehilangan barang milik William Apriadi pada saat pengiriman oleh PT. JNE Jakarta Utara / Tevin Laurenz Pipy. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berkembangnya dunia bisnis sangat cepat yang membuat orang harus mengirim barang dari suatu tempat ke tempat lainya, sehingga muncul perusahaan penyedia jasa untuk mengirim barang seperti JNE dan sejenisnya. Namun dalam pengiriman seringkali terjadi masalah kerusakan maupun kehilangan sehingga muncul konflik antara JNE dan konsumen dan JNE hanya memberikan ganti rugi sebesar setengah dari nilai barang tersebut. bagaimana tanggung jawab JNE terhadap kelalaian yang menyebabkan kerugian bagi konsumne menurut UUPK merupakan masalah yang dibahas. Metode yang dipergunakan adalah metode penelitian hukum normative, yang bersifat deskriptif analitis yang bersumber dari data sekunder dan data primer sebagai data pendukung hasil penelitian. Teori yang digunakan dalam penulisan skripsi adalah teori dasar konsumen, teori dasar pelaku usaha, teori tanggung Jawab, perbuatan melawan hukum dengan kelalaian, teori pengangkutan, dan prinsip tanggung jawab dalam pengangkutan. Hasil penelitian menggambarkan JNE bertanggung jawab tetapi tidak sepenuhnya mengganti kerugian konsumen dan hanya memberikan setengah dari nilai barang tersebut. JNE harus bertanggung jawab memberikan ganti rugi sepenuhnya kepada konsumen sesuai dengan Pasal 19 UUPK. Seharusnya William Apriadi menuntut JNE mengganti kerugian menggunakan jasa BPSK untuk mendapat ganti rugi sepenuhnya dan JNE harus meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi konsumen agar tidak ada hak-hak konsumen yang dilanggar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:31
Last Modified: 05 Jul 2018 04:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item