KEKERASAAN SEKSUAL DI MATA KONDE (ANALISIS FRAMING KEKERASAAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN PADA KONTEN PERSPEKTIF KONDE.CO EDISI NOVEMBER DAN DESEMBER 2018)

MARTALENA, MARTALENA (2019) KEKERASAAN SEKSUAL DI MATA KONDE (ANALISIS FRAMING KEKERASAAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN PADA KONTEN PERSPEKTIF KONDE.CO EDISI NOVEMBER DAN DESEMBER 2018). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
martanlina.pdf

Download (182kB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini membahas mengenai analisis framing tentang kekerasaan seksual terhadap perempuan edisi bulan November dan Desember 2018. Dalam analisis kekerasaan seksual perempuan menggunakan metode analisis framing model Robet N. Entman dengan metode penelitian kualitatif. Lima artikel Konde rubrik Perspektif menjelaskan bahwa keberpihak Konde berada pada perempuan sebagai korban pelecehan seksual. Terlihat jelas era ini perkembangan komunikasi massa semakin cepat dan dapat diperoleh kapan saja. Hal ini menyebabkan arus masuknya berita-berita mainstream semakin tak terkendali. Konde hadir sebagai media alternatif yang mengkonstruksikan realitas berita yang menunjukan keberpihakan terhadap perempuan korban kekerasan seksual dan kaum penyintas. Dalam membingkai berita Konde menunjukan keberpihakan pada perempuan untuk memberikan ruang ekspresi dengan kapasitasnya. Selain itu, Konde membingkai berita yang memberikan suguhan berita kepada pembaca bahwa korban kekerasaan seksual harus diberikan kesempatan untuk membela diri. Kata Kunci : Analisis Framing, Kontruksi Realitas, Konde, Komunikasi Massa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:11
Last Modified: 10 Jun 2021 06:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30920

Actions (login required)

View Item View Item