PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE DAN INCOME TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR YANG DIMEDIASI OLEH LOCUS OF CONTROL PADA MASYARAKAT JAKARTA BARAT

VALENCIA, YUNITA (2020) PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE DAN INCOME TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR YANG DIMEDIASI OLEH LOCUS OF CONTROL PADA MASYARAKAT JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
YUNITA VALENCIA 115160326 JA.pdf

Download (371kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari pengetahuan keuangan dan pendapatan terhadap manajemen perilaku keuangan yang dimediasi oleh pusat kendali pada masyarakat Jakarta Barat yang berpenghasilan minimal lima juta rupiah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden masyarakat Jakarta Barat yang diuji dengan teknik non purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) berupa aplikasi SmartPLS versi 3.2.8. Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan keuangan memiliki pengaruh secara tidak signifikan terhadap manajemen perilaku keuangan yang dimediasi oleh pusat kendali sedangkan pendapatan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap manajemen perilaku keuangan yang dimediasi oleh pusat kendali dan pusat kendali memiliki pengaruh signifikan positif terhadap manajemen perilaku keuangan. Kata kunci: pengetahuan keuangan, pendapatan, pusat kendali, manajemen perilaku keuangan. Pembimbing: Sarwo Edy Handoyo, S.E., M.M., Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:12
Last Modified: 28 Aug 2023 07:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30922

Actions (login required)

View Item View Item