Produksi Kritik Iklan Politik Melalui Memes

Liuswanto, Dyon (2019) Produksi Kritik Iklan Politik Melalui Memes. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
dion.pdf

Download (370kB)

Abstract

Abstrak: Iklan Politik adalah sebuah iklan yang mengandung unsur politik didalamnya, bentuk pesan politik ini digunakan untuk kampanye. Nurhadi dan Aldo hadir untuk mengkritik kampanye yang dilakukan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang ada dengan menggunakan media sosial facebook sebagai media. Bedasarkan teori goals – planning – action, penggunaan meme itu sendiri dapat menjadi sebuah rencana yang digunakan untuk mengkritik. Meme dilihat sebagai sebuah bentuk penyampaian pesan yang dinamis dimana perlu interpretasi dari penerima pesan untuk mengerti isi dari meme itu sendiri. Etnografi virtual menjadi sebuah basis dalam pembahasan ini dimana ditemukan bahwa selain tujuan untuk mengubah persepsi seseorang agar menjadi lebih waspada terhadap post, mereka juga menggunakan fanpage ini sebagai sebuah sarana lain seperti pembelajaran terhadap situasi politik baik politik negara, maupun politik internal. Kata Kunci : komunikasi Massa, meme, etnografi virtual, teori goals – planning – action.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:54
Last Modified: 10 Jun 2021 06:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30931

Actions (login required)

View Item View Item